Senin, 31 Agustus 2020

TEMA 2 SUB 1 PB 6 MINYAK BUMI

 ASSALLAMUALLAIKUM WR WB

SELAMAT PAGI ANAK-ANAK SELAMAT BELAJAR UNTUK HARI INI.

TETAP JAGA KESEHATAN YA?

TETAP SEMANGAT BELAJAR! 

Hari ini kita akan belajar Tematik tentang " MINYAK BUMI"

Apa itu minyak Bumi??

YUK MARI BACA PENJELASAN BERIKUT :

MINYAK BUMI

    Minyak bumi dijuluki juga sebagai emas hitam, adalah cairan kental, berwarna coklat pekat/gelap, atau kehijauan yang mudah terbakar, yang berada di lapisan atas dari beberapa area di kerak bumi Minyak bumi terbentuk dari sisa renik tumbuhan dan hewan yang tertimbun selama berjuta tahun di dalam lapisan kerak bumi. Minyak bumi disebut sebagai sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui karena proses pembentukannya yang sangat lama hingga berjuta-juta tahun. Minyak bumi dalam bahasa latin disebut dengan petroleum. Petroleum tersusun dari dua kata, yaitu petrus yang artinya karang dan oleum yang artinya minyak.

Beberapa hasil olahan minyak bumi yang bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari adalah:

1. LPG

Gas LPG adalah hasil olahan minyak bumi yang dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Di dalamnya terdapat komponen etana, butana, propana dan pentane yang kemudian ditambahkan dengan sedikit komponen pembau yang disebut senyawa merkaptan untuk mengidentifikasi  jika terjadi kebocoran gas.

2. Avtur dan Avgas

Avtur adalah bahan bakar pesawat terbang untuk jenis pesawat yang menggunakan mesin turbin dengan bahan dasar kerosin. Ada banyak keunggulan Avtur dibandingkan dengan bahan bakar yang lain.

Avtur berguna untuk mencegah hilangnya bahan bakar dalam jumlah yang lebih banyak dan juga berguna untuk mendukung penerbangan yang berkualitas untuk jarak yang lebih jauh. Ini tidak lain adalah karena avtur memiliki nilai volalitas yang lebih kecil jika dibandingkan dengan bahan bakar yang lain.

Sedangkan, untuk jenis pesawat dengan mesin pembakaran internal dan memakai piston, avgas adalah bahan bakar pesawat yang disarankan untuk digunakan. Avgas merupakan hasil pengembangan dari bensin berdasarkan volality, titik beku dan titik nyalanya.

3. Bensin

Komponen penting dalam bensin adalah oktana dan n-heptana. Semakin bagus kualitas bensinnya, ditentukan pula oleh banyaknya sedikitnya bilangan oktan yang ada di dalamnya. Agar bilangan oktan lebih banyak, perlu ditambahkan senyawa khusus seperti TEL dan MTBE.

4. Solar

Solar dimanfaatkan untuk proses pembakaran mesin diesel baik itu mesin yang digunakan untuk industri maupun untuk kepentingan pribadi. Tidak mudah menguap sebagaimana LPG dan memiliki kandungan sulfur yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan kerosin maupun bensin.

5. Aspal

 Aspal bahan olahan minyak bumi yang memiliki karakter yang bersifat kental, berwarna coklat kehitaman, melekat, di dalamnya mengandung unsur klor, sulfur dan oksigen yang tinggi. Aspal tahan terhadap air dan mampu menyerap air hujan dengan baik.

MARI SIMAK VIDIO BERIKUT :


SETELAH MELIHAT VIDIO TERSEBUT SILAHKAN MENGERJAKAN BUKU PAKET HALAMAN 44-45

Matematika : Pembagian Pecahan

assallamuallaikum wr wb Selamat pagi anak-anak pada hari ini kita akan belajar : 1. Matematika : Operasi hitung pembagian pecahan   Operasi ...