Kamis, 03 September 2020

TEMA 2 SUB 2 MANFAAT ENERGI PB 2

 ASSALLAMUALLAIKUM WR WR

Selamat Pagi Anak-anak

Masih Semangat Belajar Daring ya

Pagi ini kita akan belajar tentang :

1. IPA : Menghemat energi dari Kertas

2. SBdP : Menyanyikan Lagu Menanam Jagung 


IPA :

PENGHEMATAN KERTAS SAMA DENGAN MENGHEMAT ENERGI

Kertas adalah satu material yang sering kita temukan selain plastik. Meski TIDAK sebanyak plastik, sampah kertas juga tidak bisa dipandang sebelah mata apalagi kalau mengingat  bahan baku utamanya berasal dari pohon. Untuk satu rim kertas ATAU setara 500 lembar kertas , paling sedikit satu batang pohon ditebang. Bayangkan berapa banyak pohon yang harus ditebang untuk memenuhi produksi kertas? Menghemat kertas bisa jadi salah satu cara menyelamatkan pohon sebelum terbuang sia-sia dalam bentuk kertas pembungkus makanan, brosur atau selembar tisu yang cuma kita remas. Berikut cara yang bisa kita lakukan untuk menghemat kertas.

Untuk mengatasih hal ini maka kita dapat melakukan penghematan dalam menggunakan kertas. Berikut ini beberapa hal yang sederhana yang dapat kita lakukan, yaitu;

  1. Tidak dengan mudah membuang kertas. Cobalah untuk memikirkan kembali kemungkinan kertas tersebut digunakan untuk hal-hal lainnya.
  2. Memaksimalkan penggunaan kertas yaitu menggunakan semua bagian sisi kertas seperti saat mencetak, gunakan kedua sisi kertas.
  3. Mengumpulkan sisa-sisa kertas untuk dapat dikelolah atau didaur ulang lagi
  4. Koran, majalah, atau kalender bekas dapat digunakan untuk membungkus
  5. Ketika akan mencetak suatu dokumen, cobalah pertimbangkan prioritas dan kebutuhannya. Jika dokumen tersebut perlu dicetak, gunakan ke dua sisi kertas.
  6. Menggunakan kertas bekas pakai untuk mesin facimili atau fotokopi
  7. Memanfaatkan sekumpulan kertas bekas pakai untuk catatan kecil, seperti pesan telpon, catatan belanja dan lain sebagainya
  8. Memanfaatkan kembali amplop atau kantong kertas bekas yang masih layak digunakan
  9. Mencetak keperluan seminar, promosi, pelatihan dari kertas daur ulang.
  10. Jika memungkinkan memperoduksi media cetak berbahan baku kertas daur ulang
  11. Makalah, kliping atau materi presentasi sebaiknya dicetak dan diperbanyak dengan menggunakan keras bekas atau lebih baik dalam bentuk data CD (disk)
  12. Segala bentuk undangan atau tagihan dapat dikirimkan melalui email. Kita terpaksa dicetak, usahakan dibuat dengan bahan yang sedikit memakai kertas.
  13. Menghemat penggunaan kertas tisu saat makan atau di toilet
  14. Ketika anda berbelanja, usahakan untuk membawa kantong belanja anda sendiri
  15. Memanfaatkan aneka kertas bekas untuk berbagai aneka kerajianan seperti kertas daur ulang berwarna-warni, bingkai goto, kotak tisu dan sebagainya
Tugas Kamu Selanjutnya yaitu :

1. TULISKAN MANFAAT KERTAS BAGIMU DI KEHIDUPAN SEHARI-HARI 3 SAJA !
2. Budi, sepupu Beni, sedang mengerjakan tugas menulis dari bu guru. Ia menggunakan banyak sekali kertas. Ia selalu membuang setiap kertas meskipun baru beberapa kata yang ia tuliskan. Banyak sekali kertas yang terbuang. Setujukah kamu dengan cara Budi menggunakan kertas tersebut? Mengapa? Jelaskan alasannya!
3. TULISKAN 5 CARA MENGHEMAT KERTAS!
4. 1 Rim Kertas Setara Dengan Berapa Lembar Kertas?


SBdP : 
                MENANAM JAGUNG 


Setelah menyimak lagu tersebut, silahkan menyanyikan kembali diiringi musik berikut! kemudian vidiolah diri kalian saat menyanyikan lagu menanam jagung kemudian kirim vidionya di whats app GRUP Sekolah! batas waktu mengumpulkan jum'at besok ya!

Matematika : Pembagian Pecahan

assallamuallaikum wr wb Selamat pagi anak-anak pada hari ini kita akan belajar : 1. Matematika : Operasi hitung pembagian pecahan   Operasi ...