Senin, 03 Mei 2021

TEMA 9 : BENDA-BENDA DISEKITAR KITA SUB TEMA 2 Benda dalam Kegiatan Ekonomi PB 5-6

  Assallamuallaikum Wr Wb 

Selamat Pagi anak-anak Selamat Hari 

Hari ini kita akan belajar Tematik Tema 9 Sub Tema 2 pb 5-6

Sebelum memulai pembelajaran silhkan mempersiapkan Alat tulis Pembelajaran Masing-masing.

Kemudian duduklah manis , dan Berdoa sebelum memulai pembelajaran.

Tujuan Pembelajaran Hari ini :

Pkn = 3.4 Menggali manfaat persatuan dan kesatuan untuk membangun kerukunan hidup. (PB 6 )

BAHASA INDONESIA3.4 Menganalisis informasi yang disampaikan paparan iklan dari media cetak atau elektronik. (PB 5 dan 6   )

IPA = 3.9 Mengelompokkan materi dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan komponen penyusunnya (zat tunggal dan campuran). ( PB 5 )

SbdP 3.2 Memahami tangga nada. (PB 5 dan 6 )

PEMBELAJARAN 5

PEMBELAJARAN 6


RANGKUMAN MATERI

Bahasa Indonesia

1.     Iklan Elektronik

Sebuah.        Iklan Radio

Radio merupakan media auditif yang berperan atraktif. Radio artinya adalah media yang mengandalkan pendengaran untuk menyapa pendengarnya. Oleh karena itu, pemaparan iklan melalui media radio memiliki karakteristik atau ciri khas. Iklan di radio hanya dapat didengarkan melalui audio atau suara. Suara yang diperdengarkan dapat terdiri dari suara (suara / kata-kata manusia yang teratur), musik (perpaduan bunyi-bunyian yang teratur dengan ritme tertentu dan harmonis), dan efek suara (suara-suara yang tidak beraturan serta mengatur efek suara alam).

2.     Iklan Televisi Iklan televisi adalah iklan yang disiarkan melalui televisi. Iklan televisi sangat menarik karena merupakan kombinasi dari suara, gambar, dan gerak. Iklan televisi memiliki karakteristik, yaitu dapat dilihat dan didengar. Oleh karena itu, iklan yang disampaikan melalui televisi sangat menarik perhatian dan mengesankan. Melalui televisi kreativitas penyampaian para pembuat iklan akan lebih maksimal. Penuangan kreativitasnya pun bisa dalam berbagai bentuk,   kreasinya dapat berbentuk animasi dua dimensi atau tiga dimensi, testimoni, dan lagu produk yang diiklankan. Kreativitas penyampaian iklan sangat menentukan tidak menariknya sebuah iklan.

3.     Iklan Internet Iklan internet adalah iklan yang membantu melalui jaringan internet.

Iklan internet mampu meningkatkan kapasitas dan kecepatan perputaran informasi. Melalui internet, informasi dapat disampaikan secara dramatis dan interaktif

Paparan dalam iklan elektronik

 

4.     Sebuah.        Paparan Iklan Melalui Radio

Untuk menayangkan iklan melalui radio perlu membuat naskah terlebih dahulu.  Naskah iklan radio dibuat dengan mempertimbangkan skenario iklan, baik dialog, monolog, musik, maupun efek suara. Musik dan efek suara dalam naskah iklan radio yang diperlukan untuk menciptakan suasana yang mendukung skenario.

5.     Paparan Iklan Melalui Televisi

Pembuatan iklan televisi diawali dengan membuat rancangan. Rancangan dalam bentuk skrip dan papan cerita (sketsa gambar yang disusun berurutan sesuai naskah). Setelah dibuat oleh pengiklan barulah iklan yang dibuat di rumah produksi.

6.     Paparan Iklan Melalui Internet

Iklan internet jenis banner iklan di papan iklan mini yang disebarkan di sebuah halaman web.

Contoh media radio elektronik, TV, laptop, HP, komputer.

 

7.     Agar iklan unsur-uns menarik

  • (Perhatian) Iklan yang baik harus dapat menarik perhatian masyarakat umum.
  • Minat (Minat) Setelah mendapat perhatian, iklan tidak perlu ditingkatkan menjadi minat. Jika minat sudah ada, maka akan timbul rasa ingin tahu lengkap dalam diri konsumen.
  • Keinginan (Desire) Iklan didorongnya cara untuk menggerakkan keinginan konsumen.
  • Rasa Percaya (Keyakinan) Untuk mendapat rasa percaya pada diri konsumen, sebuah iklan harus ditunjang berbagai kegiatan peragaan. Kegiatan peragaan di bantu seperti pembuktian atau kata-kata.
  • Tindakan (Action) Tindakan merupakan tujuan akhir dari produsen untuk menarik konsumen agar membeli atau menggunakan produk dan jasanya. 

8.           SBdP

  1.  Ada dua pola garis dasar di lantai, yaitu garis lurus dan garis lengkung. Garis lurus memberikan kesan sederhana tetapi kuat. Sementara garis lengkung memberikan kesan lembut namun lemah.
  2. Pola Lantai Vertikal (Lurus) yaitu pola lantai vertikal (lurus) adalah penari membentuk garis vertikal, yaitu garis lurus dari depan ke belakang atau berlawanan. Pola lantai ini banyak digunakan pada tari klasik.
  3. Pola Lantai Diagonal Pada pola lantai diagonal, penari berbaris membentuk garis menyudut ke kanan atau ke kiri.
  4. Pola Lantai Garis Melengkung Pada pola lantai melengkung, penari membentuk garis lingkaran, pola lantai melengkung, dan pola lantai angka lingkaran.


SETELAH MENDENGARKAN VIDIO PEMBELAJARAN SILAHKAN KERJAKAN SOAL BERIKUT!

Pkn (PB 6)

1. Tuliskan 3 cara menciptakan kerukunan di lungkungan rumah!
2. Tuliskan 2 cara meciptkan kerukunan di lingkungan sekolah!
3. Membiasakan senyum , sapa , dan salam ke tetangga termasuk cara menciptakan kerukunan dimana?
4. Sikap kerukunan dapat memberikan rasa apa pada kehidupan kita?
5. Apa yang kamu lakukan saat di lingkungan rumahmu ada kegiatan kerjabakti?

BAHASA INDONESIA (PB 5)
AMATILAH IKLAN DI BAWAH INI, COBA IDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR YANG ADA PADA IKLAN DIBAWAH INI, tuliskan unsur-unsurnya dan kalimat yang ada pada iklan berikut!




IPA (PB 5) sudah dikerjakan disekolah 

1. Air sirup termasuk campuran apa?
2. Sebutkan contoh benda disekitarmu yang termasuk Zat campuran Homogen!
3. Air sirup merupakan zat campuran dari apa saja?
4. Sedangkan air kopi merupakan zat heterogen , terdiri atas zat tunggal apa saja?
5. Sebutkan ciri-ciri Zat campuran!


Matematika : Pembagian Pecahan

assallamuallaikum wr wb Selamat pagi anak-anak pada hari ini kita akan belajar : 1. Matematika : Operasi hitung pembagian pecahan   Operasi ...