Selasa, 04 Mei 2021

TEMA 9 : BENDA-BENDA DISEKITAR KITA SUB TEMA 3 Manusia dan Benda di lingkungannya PB 1-2

Assallamuallaikum Wr Wb 

Selamat Pagi anak-anak Selamat Hari Selasa 4 mei 2021

Hari ini kita akan belajar Tematik Tema 9 Sub Tema 3 pb 1-2

Sebelum memulai pembelajaran silhkan mempersiapkan Alat tulis Pembelajaran Masing-masing.

Kemudian duduklah manis , dan Berdoa sebelum memulai pembelajaran.

Tujuan Pembelajaran Hari ini :

Pkn = 3.4 Menggali manfaat persatuan dan kesatuan untuk membangun kerukunan hidup. (PB )

BAHASA INDONESIA3.4 Menganalisis informasi yang disampaikan paparan iklan dari media cetak atau elektronik. (PB 1 dan  2  )

IPA = 3.9 Mengelompokkan materi dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan komponen penyusunnya (zat tunggal dan campuran). ( PB 1 dan 2 )

SbdP 3.2 Memahami tangga nada. (PB  dan )

PEMBELAJARAN 1

PEMBELAJARAN 2


MATERI PELAJARAN
BAHASA INDONESIA

Iklan  adalah sebuah informasi yang  bertujuan untuk mendorong, membujuk/ memberikan pengaruh pada khalayak ramai atau banyak orang agar tertarik pada barang/jasa yang  ditawarkan.


Tujuan iklan

1.  Memberitahukan kepada khalayak ramai tentang suatu produk jasa.

2.  Memengaruhi khalayak ramai tentang suatu produk jasa.

3.  Menyarankan seseorang untuk membeli dan menggunakan suatu produk jasa yang  diiklankan.

4.  Memberi informasi tentang produk jasa.

5.  Menarik khalayak ramai.

 

Ciri-ciri iklan yang  baik dan benar

1.  Informatif

2.  Komunikatif

3.  Bahasanya singkat dan padat

4.  Menarik

 

Bentuk  iklan pun bermacam-macam:

1.  Iklan Baris

Iklan  baris yaitu  iklan  kecil  (singkat) berisi penawaran/informasi tentang sesuatu yang  terdiri atas beberapa baris saja. Iklan baris disebut juga iklan mini.

Ciri-ciri iklan baris yaitu:

1.  Terdiri  atas 2 sampai 3 baris. Informasi yang  terkandung di dalamnya hanya informasi penting saja. Ditulis  secara singkat, padat, namun jelas.

2.  Dikelompokkan sesuai dengan jenis barang atau jasa yang  ditawarkan.

3.  Berupa kalimat-kalimat pendek dan biasanya menggunakan singkatan- singkatan untuk menghemat tempat.

4.  Sebagian iklan  baris dilengkapi dengan gambar ukuran kecil dan tidak berwarna.

5.  Dilengkapi dengan nomor telepon penjual untuk dihubungi pembeli.

6.  Tidak menggunakan ilustrasi grafis.

7.   Biaya pemasangan tergolong murah karena tidak membutuhkan tempat yang  lebar.

2.  Iklan kolom

Iklan   kolom   adalah iklan   yang   pemuatannya  memanfaatkan  beberapa bagian kolom  dari  halaman surat kabar.

Ciri-ciri iklan kolom  adalah sebagai berikut.

1.  Terdiri  atas ilustrasi/gambar/foto/bagan dan kata-kata.

2.  Ukurannya lebih  besar dari/pada iklan  baris, bahkan ada yang  penuh satu halaman koran.

3.  Berisi  penawaran, ajakan, dan bujukan untuk membeli produk/barang yang   ditawarkan.  Bisa juga berupa iklan  pribadi atau  keluarga yang berisi misalnya berita pernikahan, berita duka cita,  atau ucapan terima kasih.

 

Agar  dapat  menarik perhatian  khalayak, iklan   dalam media cetak memiliki ciri-ciri bahasa sebagai berikut.

1.  Menggunakan bahasa yang  singkat, padat, dan jelas.

2.  Menggunakan bahasa yang  memikat dan memiliki daya sugesti.

3.  Menggunakan kata konotasi positif.

4.  Isinya  bersifat objektif, jujur, singkat, jelas,  dan menarik.

IPA 

Secara umum, benda-benda  di  lingkungan sekitar kita  (materi) dapat dibedakan menjadi dua, yaitu  zat  tunggal dan campuran.

1. Zat tunggal

Zat  tunggal adalah zat  yang  terdiri dari  sejenis materi. Zat  tunggal dapat juga disebut zat murni. Salah satu contoh zat tunggal adalah air.

Zat tunggal dapat berupa unsur dan senyawa.

a. Unsur

Unsur adalah zat  tunggal yang  tidak dapat diuraikan menjadi zat lain  yang  lebih  sederhana.  Contoh: besi,  emas, aluminium, karbon, nitrogen, tembaga, perak, seng, dan oksigen.

b. Senyawa

Senyawa terbentuk oleh  perikatan kimia dari  dua atau lebih  jenis unsur. Sebagai contoh adalah air.  Air terbentuk dari  oksigen dan hidrogen. Contoh senyawa yang  sering kita  temui dalam kehidupan sehari-hari misalnya, garam dapur, gula  pasir, asam cuka,  soda kue, dan vitamin c.

2. Campuran

Campuran adalah gabungan dari  dua zat  atau lebih  yang  sifat asalnya tidak hilang sama sekali. Campuran dapat  dibentuk dari   gabungan unsur dengan unsur,  senyawa dengan unsur,  atau senyawa dengan senyawa. Beberapa contoh campuran, antara lain:  air  laut,  air  sungai yang  kotor, air  kopi,  air  teh,  larutan garam, larutan gula,  sirop  buah, baja, kuningan, udara, dan tanah.


Mengenal Batik jumputan

 

Salah satu karya seni rupa daerah adalah batik jumputan. Batik jumputan atau  sering disebut  juga dengan batik ikat celup adalah  kain batik yang  menggunakan motif hias jumputan. Motif  hias jumputan banyak dijumpai pada motif hias kain pelangi. Motif  hias kain pelangi adalah kain yang   dihiasi dengan  motif hias  jumputan. Motif  hias jumputan banyak digunakan pada benda pakai seperti selendang atau  sampur, kain,  taplak meja, dan lain-lain. Kain  dengan motif hias jumputan tidak hanya terdapat di Yogyakarta saja, tetapi juga banyak terdapat di daerah Palembang, Bali, dan Gresik.

Mengenal Batik  Indonesia

 

Batik di tanah air dibedakan menjadi dua, yaitu batik klasik (batik Surakarta dan Yogyakarta) dan batik pesisir. Keunikan batik klasik,  yaitu  motifnya lebih  condong pada motif-motif geometris, pewarnaan yang  kalem serta lebih  condong pada warna-warna gelap seperti cokelat, hitam, biru  tua, dan merah marun. Keunikan yang  lain, yaitu  adanya makna simbolis yang terkandung dalam motif hias batik klasik.  Makna simbolis itu kebanyakan berupa doa atau harapan yang  baik-baik terhadap pemakainya. Sebagai contoh, motif grompol pada batik Yogyakarta. Motif  grompol berarti berkumpul atau bersatu. 

 

Batik  klasik  dibuat dengan canting tulis dan bahan perintang yang disebut malam atau lilin batik. Pada proses membatik dengan canting tulis,  sebelum memulai perintangan, pola  atau motif digambar terlebih dahulu di atas kain. Kemudian, motif ditutup malam. Proses pemalaman dimulai dari  motif paling luar  yang biasanya  besar.  Kemudian,   dilanjutkan pemalaman  pada  isen-isen (motif-motif kecil)  yang  Iebih  rumit. Secara umum, proses pemalaman batik terdiri atas beberapa tahap sebagai berikut.

a.  Nglowongi, yaitu  proses pemalamam garis bidang pola  terluar.

b.  Nembok, merupakan proses pemalaman untuk menutup bidang pola agar tidak tercelup warna saat dilakukan pencelupan.

c.  Mbironi,  pada dasarnya sama dengan nembok, tapi proses ini hanya dilakukan jika warna biru  pada kain  direncanakan tetap berwarna biru.

d.  Nonyok, merupakan pemalaman pada bidang latar. Setelah melalui proses pemalaman, proses selanjutnya, yaitu  pewarnaan atau

pencelupan dan nglorot atau pengilangan malam, yang  biasanya dengan cara mencelupkan ke dalam air panas/mendidih.

Batik   pesisir bisa dikatakan  bertolak belakang dengan  batik klasik. Motif batik pesisir cenderung bersifat naturalis, menggunakan warna- warna cerah seperti merah, biru,  hijau, dan jingga. Motif batik pesisir mengabaikan makna simbolis, dan Iebih  menekankan segi   keindahan motif. Selain itu,  banyak ditemukan pengaruh budaya Eropa   dan Cina pada motif pesisir. Sebagai contoh, motif putri salju  dan motif cinderela pada batik PekaIongan, dan motif mega mendung pada batik Cirebon. Di daerah Jambi dan Cirebon terdapat batik dengan motif kaligrafi arab. Di Jambi, motif ini  disebut motif basurek yang  berarti bersurat, disebut demikian karena isinya merupakan penggalan surat dalam Al-Quran.

 

SETELAH MENDENGAR DAN MELIHAT VIDIO PEMBELAJARAN DIATAS SILAHKAN KERJAKAN SOAL BERIKUT! 

BAHASA INDONESIA (PB 1)

1. PERHATIKAN IKLAN BARIS BERIKUT 


COBA IDENTIFIKASILAH ISI IKLAN BARIS DIATAS! TERDAPAT UNSUR APA SAJA DAN BERISIKAN APA SAJA!


2.  PERHATIKAN IKLAN KOLOM BERIKUT 


COBA IDENTIFIKASILAH ISI IKLAN KOLOM DIATAS! TERDAPAT UNSUR APA SAJA DAN BERISIKAN APA SAJA!

3. Apa Tujuan dari iklan? sebutkan 4 saja!

4. Sebutkan ciri-ciri iklan kolom!

5. Apa yang dimaksud dengan iklan baris?


IPA (PB 1)

1. Apa yang dimaksud dengan Unsur?

2. Tuliskan 2 contoh unsur!

3. Apa yang dimaksud dengan senyawa?

4. Tembaga merupakan zat apa?

5. Hidrogen termasuk unsur apa senyawa?




Senin, 03 Mei 2021

TEMA 9 : BENDA-BENDA DISEKITAR KITA SUB TEMA 2 Benda dalam Kegiatan Ekonomi PB 5-6

  Assallamuallaikum Wr Wb 

Selamat Pagi anak-anak Selamat Hari 

Hari ini kita akan belajar Tematik Tema 9 Sub Tema 2 pb 5-6

Sebelum memulai pembelajaran silhkan mempersiapkan Alat tulis Pembelajaran Masing-masing.

Kemudian duduklah manis , dan Berdoa sebelum memulai pembelajaran.

Tujuan Pembelajaran Hari ini :

Pkn = 3.4 Menggali manfaat persatuan dan kesatuan untuk membangun kerukunan hidup. (PB 6 )

BAHASA INDONESIA3.4 Menganalisis informasi yang disampaikan paparan iklan dari media cetak atau elektronik. (PB 5 dan 6   )

IPA = 3.9 Mengelompokkan materi dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan komponen penyusunnya (zat tunggal dan campuran). ( PB 5 )

SbdP 3.2 Memahami tangga nada. (PB 5 dan 6 )

PEMBELAJARAN 5

PEMBELAJARAN 6


RANGKUMAN MATERI

Bahasa Indonesia

1.     Iklan Elektronik

Sebuah.        Iklan Radio

Radio merupakan media auditif yang berperan atraktif. Radio artinya adalah media yang mengandalkan pendengaran untuk menyapa pendengarnya. Oleh karena itu, pemaparan iklan melalui media radio memiliki karakteristik atau ciri khas. Iklan di radio hanya dapat didengarkan melalui audio atau suara. Suara yang diperdengarkan dapat terdiri dari suara (suara / kata-kata manusia yang teratur), musik (perpaduan bunyi-bunyian yang teratur dengan ritme tertentu dan harmonis), dan efek suara (suara-suara yang tidak beraturan serta mengatur efek suara alam).

2.     Iklan Televisi Iklan televisi adalah iklan yang disiarkan melalui televisi. Iklan televisi sangat menarik karena merupakan kombinasi dari suara, gambar, dan gerak. Iklan televisi memiliki karakteristik, yaitu dapat dilihat dan didengar. Oleh karena itu, iklan yang disampaikan melalui televisi sangat menarik perhatian dan mengesankan. Melalui televisi kreativitas penyampaian para pembuat iklan akan lebih maksimal. Penuangan kreativitasnya pun bisa dalam berbagai bentuk,   kreasinya dapat berbentuk animasi dua dimensi atau tiga dimensi, testimoni, dan lagu produk yang diiklankan. Kreativitas penyampaian iklan sangat menentukan tidak menariknya sebuah iklan.

3.     Iklan Internet Iklan internet adalah iklan yang membantu melalui jaringan internet.

Iklan internet mampu meningkatkan kapasitas dan kecepatan perputaran informasi. Melalui internet, informasi dapat disampaikan secara dramatis dan interaktif

Paparan dalam iklan elektronik

 

4.     Sebuah.        Paparan Iklan Melalui Radio

Untuk menayangkan iklan melalui radio perlu membuat naskah terlebih dahulu.  Naskah iklan radio dibuat dengan mempertimbangkan skenario iklan, baik dialog, monolog, musik, maupun efek suara. Musik dan efek suara dalam naskah iklan radio yang diperlukan untuk menciptakan suasana yang mendukung skenario.

5.     Paparan Iklan Melalui Televisi

Pembuatan iklan televisi diawali dengan membuat rancangan. Rancangan dalam bentuk skrip dan papan cerita (sketsa gambar yang disusun berurutan sesuai naskah). Setelah dibuat oleh pengiklan barulah iklan yang dibuat di rumah produksi.

6.     Paparan Iklan Melalui Internet

Iklan internet jenis banner iklan di papan iklan mini yang disebarkan di sebuah halaman web.

Contoh media radio elektronik, TV, laptop, HP, komputer.

 

7.     Agar iklan unsur-uns menarik

  • (Perhatian) Iklan yang baik harus dapat menarik perhatian masyarakat umum.
  • Minat (Minat) Setelah mendapat perhatian, iklan tidak perlu ditingkatkan menjadi minat. Jika minat sudah ada, maka akan timbul rasa ingin tahu lengkap dalam diri konsumen.
  • Keinginan (Desire) Iklan didorongnya cara untuk menggerakkan keinginan konsumen.
  • Rasa Percaya (Keyakinan) Untuk mendapat rasa percaya pada diri konsumen, sebuah iklan harus ditunjang berbagai kegiatan peragaan. Kegiatan peragaan di bantu seperti pembuktian atau kata-kata.
  • Tindakan (Action) Tindakan merupakan tujuan akhir dari produsen untuk menarik konsumen agar membeli atau menggunakan produk dan jasanya. 

8.           SBdP

  1.  Ada dua pola garis dasar di lantai, yaitu garis lurus dan garis lengkung. Garis lurus memberikan kesan sederhana tetapi kuat. Sementara garis lengkung memberikan kesan lembut namun lemah.
  2. Pola Lantai Vertikal (Lurus) yaitu pola lantai vertikal (lurus) adalah penari membentuk garis vertikal, yaitu garis lurus dari depan ke belakang atau berlawanan. Pola lantai ini banyak digunakan pada tari klasik.
  3. Pola Lantai Diagonal Pada pola lantai diagonal, penari berbaris membentuk garis menyudut ke kanan atau ke kiri.
  4. Pola Lantai Garis Melengkung Pada pola lantai melengkung, penari membentuk garis lingkaran, pola lantai melengkung, dan pola lantai angka lingkaran.


SETELAH MENDENGARKAN VIDIO PEMBELAJARAN SILAHKAN KERJAKAN SOAL BERIKUT!

Pkn (PB 6)

1. Tuliskan 3 cara menciptakan kerukunan di lungkungan rumah!
2. Tuliskan 2 cara meciptkan kerukunan di lingkungan sekolah!
3. Membiasakan senyum , sapa , dan salam ke tetangga termasuk cara menciptakan kerukunan dimana?
4. Sikap kerukunan dapat memberikan rasa apa pada kehidupan kita?
5. Apa yang kamu lakukan saat di lingkungan rumahmu ada kegiatan kerjabakti?

BAHASA INDONESIA (PB 5)
AMATILAH IKLAN DI BAWAH INI, COBA IDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR YANG ADA PADA IKLAN DIBAWAH INI, tuliskan unsur-unsurnya dan kalimat yang ada pada iklan berikut!




IPA (PB 5) sudah dikerjakan disekolah 

1. Air sirup termasuk campuran apa?
2. Sebutkan contoh benda disekitarmu yang termasuk Zat campuran Homogen!
3. Air sirup merupakan zat campuran dari apa saja?
4. Sedangkan air kopi merupakan zat heterogen , terdiri atas zat tunggal apa saja?
5. Sebutkan ciri-ciri Zat campuran!


TEMA 9 : BENDA-BENDA DISEKITAR KITA SUB TEMA 2 Benda dalam Kegiatan Ekonomi PB 3-4

 Assallamuallaikum Wr Wb 

Selamat Pagi anak-anak Selamat Hari 

Hari ini kita akan belajar Tematik Tema 9 Sub Tema 2 pb 3-4

Sebelum memulai pembelajaran silhkan mempersiapkan Alat tulis Pembelajaran Masing-masing.

Kemudian duduklah manis , dan Berdoa sebelum memulai pembelajaran.

Tujuan Pembelajaran Hari ini :

Pkn = 3.4 Menggali manfaat persatuan dan kesatuan untuk membangun kerukunan hidup. (PB 3 dan 4)

BAHASA INDONESIA3.4 Menganalisis informasi yang disampaikan paparan iklan dari media cetak atau elektronik. (PB 3 dan 4  )


IPS = 3.1 Mengidentifikasi karakteristik geografis Indonesia sebagai negara kepulauan/maritim dan agraris serta pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya, komunikasi, serta transportasi. ( PB 3 dan 4)

PEMBELAJARAN 3


PEMBELAJARAN 4



RANGKUMAN MATERI 
Bahasa Indonesia
1.      Iklan Elektronik
a.       Iklan Radio
Radio merupakan media auditif yang bersifat atraktif. Artinya radio adalah media yang mengandalkan pendengaran untuk menyapa pendengarnya. Oleh karena itu, pemaparan iklan melalui media radio memiliki karakteristik atau ciri khas. Iklan di radio hanya dapat didengarkan melalui audio atau suara. Suara yang diperdengarkan dapat berupa voice (suara/kata-kata manusia yang teratur), musik (perpaduan bunyi-bunyian yang teratur dengan ritme tertentu dan harmonis), dan efek suara (suara-suara yang tidak beraturan maupun efek suara alam).
b.      Iklan Televisi Iklan televisi adalah iklan yang disiarkan melalui televisi. Iklan televisi sangat menarik karena merupakan kombinasi dari suara, gambar, dan gerak. Iklan televisi memiliki karakteristik, yaitu dapat dilihat dan didengar. Oleh karena itu, iklan yang disampaikan melalui televisi sangat menarik perhatian dan mengesankan. Melalui televisi kreativitas penyampaian para pembuat iklan akan lebih maksimal. Penuangan kreativitasnya pun bisa dalam berbagai bentuk,  kreasinya dapat berupa animasi dua dimensi ataupun tiga dimensi, testimoni, dan lagu produk yang diiklankan. Kreativitas penyampaian iklan sangat menentukan menarik tidaknya sebuah iklan.
c.       Iklan Internet Iklan internet adalah iklan yang ditampilkan melalui jaringan internet.
Iklan internet mampu meningkatkan kapasitas dan kecepatan perputaran informasi. Melalui internet, informasi dapat disampaikan secara dramatis dan interaktif

2.      Paparan dalam iklan elektronik
a.       Paparan Iklan Melalui Radio
Untuk menayangkan iklan melalui radio perlu dibuat naskah terlebih dahulu.  Naskah iklan radio dibuat dengan mempertimbangkan skenario iklan, baik dialog, monolog, musik, maupun efek suara. Musik dan efek suara dalam naskah iklan radio diperlukan untuk menciptakan suasana yang mendukung skenario.
b.      Paparan Iklan Melalui Televisi
Pembuatan iklan televisi diawali dengan membuat rancangan. Rancangan dalam bentuk skrip dan papan cerita (sketsa gambar yang disusun berurutan sesuai naskah). Setelah disetujui oleh pengiklan barulah rancangan iklan itu dibuat di rumah produksi.
c.       Paparan Iklan Melalui Internet
Iklan internet jenis banner yaitu iklan pada papan iklan mini yang tersebar pada sebuah halaman web.

3.      Contoh media elektronik radio, TV, laptop, HP, komputer.

4.      Unsur-unsur iklan agar menarik :
1.     Perhatian (Attention) Iklan yang baik harus dapat menarik perhatian masyarakat umum.
2.     Minat (Interest) Setelah mendapat perhatian, unsur iklan harus ditingkatkan menjadi minat. Apabila minat sudah ada, maka akan timbul rasa ingin tahu secara rinci dalam diri konsumen.
3.     Keinginan (Desire) Iklan hendaknya mencakup cara untuk menggerakkan keinginan konsumen.
4.     Rasa Percaya (Conviction) Untuk mendapat rasa percaya dalam diri konsumen, sebuah iklan harus ditunjang berbagai kegiatan peragaan. Kegiatan peragaan di antaranya seperti pembuktian atau sebuah kata-kata.
5.     Tindakan (Action) Tindakan merupakan tujuan akhir dari produsen untuk menarik konsumen agar membeli atau menggunakan produk dan jasanya.

5.      Ciri bahasa iklan yang dimaksud sebagai berikut.
1.     Pilihan kata yang digunakan menarik, tepat, logis, dan sopan.
2.     Pilihan kata yang digunakan memiliki sugesti bagi khalayak.
3.     Pilihan kata yang digunakan menonjolkan informasi yang dipentingkan.
4.     Pilihan kata yang digunakan menunjukkan sasaran


PKn
1.      Upaya mewujudkan makna penting persatuan dan kesatuan berikut:
1.      Festival Budaya Nusantara
Festival Budaya Nusantara menyajikan budaya dari berbagai daerah di wilayah Nusantara, sehingga akan menumbuhkan pengetahuan dan rasa cinta kepada bangsa Indonesia
2.      Toleransi dan Hidup Berdampingan dalam Perbedaan
·         Memberi kesempatan kepada orang yang sedang melaksanakan ibadah
·         Memberi ucapan selamat hari raya kepada orang yang berbeda agama
·         Tidak mengganggu saat umat beragama lain beribadah
·         Tidak mengolok-olok umat beragama lain
3.      Semangat Kekeluargaan dan Tolong-menolong  
a.       Di lingkungan rumah
·         membantu orang tua
·         menjaga kebersihan rumah
b.      Di lingkungan sekolah
·         bermain dan bekerjasama dengan teman
·         menolong teman yang membutuhkan
c.       Di lingkungan masyarakat
·         ikut dalam kegiatan gotong royong
·         membantu tetangga yang terkena musibah
d.      Di lingkungan bangsa dan negara
·         memberikan bantuan kepada korban bencana
·         menjaga kerukunan dan persatuanm
2.      Makna penting persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia sebagai berikut
a.       mempererat hubungan antar warga
b.      menciptakan keamanan dan kedamaian
c.       meningkatkan rasa cinta tanah air
d.      menumbuhkan rasa syukur atas keberagaman di Indonesia
3.      Peristiwa dalam kehidupan sehari-hari yang mencerminkan sikap menjalin persatuan dan kesatuan seperti berikut
·         menjengkuk teman yang sakit
·         bekerjasama menyelesaikan tugas
·         membantu tetangga yang membutuhkan bantuan
·         membantu korban kecelakaan
·         kerjabakti
·         ronda malam
4.      Salah satu cara bangsa Indonesia mengenalkan kebudayaan daerah kepada dunia internasional, yaitu melalui pementasan beragam kebudayaan daerah di tempat-tempat pariwisata. Dalam hal ini ada andil besar dari dinas kepariwisataan.
5.      Manfaat hidup rukun
a.       menciptakan suasana tentram dan damai
b.      menjaga keutuhan NKRI
c.       pembangunan nasional berjalan lancar
d.      mudah mendapat bantuan ketika mengalami kesulitan

IPS
1.      Kegiatan ekonomi masyarakat Indonesia
a.       Pertanian
Hasil pertanian Indonesia antara lain padi, jagung, ubi, dan palawija.
b.      Perkebunan
Perkebunan semusim yaitu pemeliharaan tanaman dengan satu kali panen, seperti tembakau, tebu. Perkebuanan tahunan yaitu pemeliharaan tanaman dengan beberapa kali panen Hasil perkebunan antara lain karet, kelapa, kelapa sawit, dan tebu
c.       Peternakan
Peternakan adalah usaha memelihara binatang piaraan yang diambil manfaatnya. Usaha peternakan dapat digolongkan menjadi tiga, yaitu peternakan hewan besar (sapi, kerbau, dan kuda), hewan kecil (kambing, domba, kelinci, dan babi), dan unggas (ayam, itik, entok, dan burung).
d.      Perikanan
Usaha perikanan dalam hal ini adalah usaha perikanan darat, yaitu usaha memelihara ikan di perairan darat dengan cara membuat kolam. Perikanan darat meliputi perikanan air tawar dan perikanan air payau. contoh hasil perikanan air tawar misalnya ikan gurami, nila, bawal, dan lele. Hasil perikanan air payau contohnya ikan bandeng.
e.       Kehutanan
Usaha kehutanan dapat dilakukan dengan melakukan pencegahan terhadap penggundulan hutan dengan melakukan reboisasi atau peremajaan hutan. contoh hasil usaha kehutanan antara lain kayu, rotan, damar, dan kemenyan
f.       Pertambangan
Pertambangan adalah usaha untuk mengolah atau memanfaatkan mineral demi kesejahteran manusia. Mineral ini berada di dalam perut bumi. Untuk mendapatkannya perlu dilakukan penggalian atau penambangan. contoh hasil barang tambang antara lain emas, minyak bumi, dan batu bara.
g.      Perindustrian
Industri adalah usaha atau kegiatan untuk mengubah bahan mentah menjadi bahan setengah jadi atau barang jadi. contoh hasil industri adalah benang menjadi pakaian, pengolahan ikan menjadi ikan kaleng, dan karet menjadi ban.
h.      Perdagangan
Perdagangan adalah kegiatan yang bertujuan menyalurkan barang dan jasa dari produsen ke konsumen. Barang-barang yang diperdagangkan merupakan hasil-hasil pertanian, peternakan, perikanan, hutan, dan barang-barang hasil industri. Perdagangan yang dilakukan antarnegara disebut ekspor impor. Ekspor adalah usaha mengirim dan menjual barang keluar negeri. Impor adalah usaha memasukkan dan membeli barang dari luar negeri.
i.        Jasa
Usaha jasa adalah usaha menyediakan jasa bukan produk benda untuk mendapatkan keuntungan atau laba

SETELAH MENYIMAK DAN MEMBACA RANGKUMAN MATERI YANG DIBERIKAN OLEH BU GURU SILAHKAN UNTUK MENGASAH KEMAMPUAN MENGINGAT KALIAN KERJAKAN SOAL BERIKUT INI!

BAHASA INDONESIA (PB 3-4)
1. Apa yang dimaksud dengan Iklan Elektronik?
2. Yang termasuk dalam iklan Elektronik apa saja ya?
3. iklan yang menarik karena merupakan kombinasi dari suara, gambar, dan gerak disebut iklan apa ?
4. Apa yang dimaksud dengan iklan internet?
5. untuk menayangkan Iklan radio kita harus membuat apa terlebih dahulu?
6. iklan pada papan iklan mini yang tersebar pada sebuah halaman web, disebut iklan apa?
7. tuliskan unsur-unsur iklan agar menarik!
8. Ciri-ciri bahasa iklan yang kalian ketahui apa saja?
9. penuangan kreativitas dalam pembuatan iklan televisi dikreasikan berbagai bentu apa saja?
10. Buatlah 1 iklan yang ada di televisi!
11. Iklan pengobatan alternatif termasuk iklan jenis apa?
12. Jenis iklan berdasarkan isinya apa saja (sebutkan 3 saja)!


Pkn (PB 3)
1. tuliskan Upaya mewujudkan makna penting persatuan dan kesatuan dalam Bangsa!
2. Tuliskan 2 contoh Toleransi dalam hidup perbedaan di lingkungan Rumahmu!
3. Tuliskan 3 contoh sikap saling tolong menolong dalam kehidupan bermasyarakat!
4. Memberikan bantuan terhadap orang lain di daerah lainnya yang terkena musibah longsot termasuk pengamalan sikap apa? dan dimana?
5. tuliskan 3 makna pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa indonesia!

IPS ( PB 4)
1. Usaha ekonomi masyarakat dibagi menjadi 2 apa saja?
2. Sebutkan 2 contoh usaha ekonomi yang dikelola sendiri!
3. Sebutkan 2 contoh usaha ekonomi yang dikelola kelompok!
4. usaha ekonomi industri kecil contohnya apa saja . sebutkan 3 saja!
5. Kerajinan anyaman termasuk industri apa?
6. usaha yang dikelola secara perseorangan dalam jumlah kecil atau menengah disebut usaha apa?
7. Salon, bengkel, fotocopi merupakan usaha yang dikelola perorangan dibidang apa?
8. Apa yang dimaksud dengan usaha kelompok?
9. Apa kepanjangan dari BUMN?
10. Usaha kelompok yang didirikan oleh 2 orang disebut usaha ekonomi apa?
11. Persekutua komanditer modalnya dari mana?
12. PT (perseroan terbatas) yang modalnya dari saham. apa yang dimaksud saham?
13. Sebutkan 2 contoh Badan usaha milik negara (BUMN)!
14. Perusahaan PDAM termasuk usaha ekonomi bidang apa?
15. Sebutkan 5 bentuk koperasi di indonesia!




4.


Matematika : Pembagian Pecahan

assallamuallaikum wr wb Selamat pagi anak-anak pada hari ini kita akan belajar : 1. Matematika : Operasi hitung pembagian pecahan   Operasi ...