Senin, 05 Oktober 2020

TEMA 3 PEDULI TERHADAP MAKHLUK HIDUP SB 1 PB 5

ASSALLAMUALLAIKUM WR WB

SELAMAT PAGI ANAK-ANAK

HARI INI KITA AKAN BELAJAR TEMA 3  HEWAN DILINGKUNGAN RUMAHKU SUB 1 HEWAN DAN TUMBUHAN DI LINGKUNGAN RUMAHKU PB 5 

TUJUAN PEMBELAJARAN HARI INI :

1. IPS : Sumber Daya Alam ( Dataran Rendah , Dataran Tinggi, dan Pantai)


Sumber Daya Alam ( Dataran Rendah , Dataran Tinggi, dan Pantai)

Sumber daya alam di dataran rendah terdapat banyak jenisnya
jika dapat di perbarui meliputi :
a.) hasil perkebunan meliputi tanaman kelapa, karet, tebu, dan kelapa sawit
b.) hasil pertanian meliputi tanaman jagung, padi, selada, tomat, cabai, sawi, kemangi dan lainnya
c.) hasil perikanan air tawar meliputi ikan Koi, Nila, Mujair
d.) hasil peternakan meliputi ternak Ayam, kambing, sapi.

  • Adapun sumber daya alam dataran tinggi adalah sebagai berikut :

1. Pertanian

Ditunjang dengan iklim yang cukup dingin dan tanah yang subur, daerah dataran tinggi sangat cocok untuk kegiatan pertanian sayur-sayuran. Hasil pertanian dataran tinggi contohnya seperti bawang putih, bawah merah, sawi, brokoli, wortel, kol, lada, dan tomat. Hasil pertanian tersebut merupakan sumber daya alam dataran tinggi unggulan yang dapat dijumpai di Indonesia.

 

2. Perkebunan

Selain pertanian, dataran tinggi juga cocok digunakan sebagai sumber penghasil perkebunan. Contohnya seperti kebun teh, kopi, tembakau atau pun kebun buah-buahan yang cocok dengan dataran tinggi seperti apel.

 

3Hasil Perikanan

Hasil perikanan dari dataran rendah jugatidak bisa dipandang sebelah mata. Ada beragam jenis ikan air tawar baik yangberasal dari sungai maupun rawa-rawa. Namun, saat ini sudah banyak usahabudidaya ikan air tawar yang dilakukan di dataran rendah.

Bahkan setiap tahunnya, terjadi peningkatankonsumsi ikan air tawar khususnya di Indonesia, meskipun jumlahnya masih jauhdari jumlah konsumsi ikan air laut. Jenis ikan air tawar yang paling banyakdibudidayakan di Indonesia yakni ikan mas, lele, gurame, nila, patin dan lainsebagainya. Bahkan dari beberapa jenis ikan tersebut, telah menyumbang lebihdari 80 persen dari total tangkapan ikan air tawar.

4Hasil Peternakan

Wilayah dataran rendah juga banyak melakukan usaha peternakan dan hewan ternak yang diusahakan yakni ayam, bebek,sapi, kambing, domba hingga kerbau. Di beberapa tempat, ada juga yang melakukanperkembangbiakan kuda yang dimanfaatkan sebagai alat transportasi khususnya didaerah yang jauh dari keramaian dan berada di wilayah terpencil.

Untuk di negara Indonesia, hewan ternak yang paling banyak diternakan salah satunya yaitu ayam, sebab permintaan akan ayampotong di Indonesia terus meningkat. Bahkan peternakan sapi juga sudah mulaibanyak dilakukan di dataran rendah, salah satunya sapi perah karena memberikankeuntungan yang cukup tinggi yakni susu.

       5.   Hasil Perkebunan

Perkebunan membutuhkan lahan yang amat luas untuk ditanami beragam jenis tanaman yang mempunyai nilai jual tinggi, terutama untuk kegiatan ekspor seperti kopi, kakao, kelapa sawit, tebu dan lain sebagainya. Karena lahan yang dibutuhkan sangat luas, maka perkebunan harus dikelola secara profesional dan intensif, mulai dari peralatan, tenaga kerja serta cara pengolahan hasil perkebunan.

Meskipun begitu, masih banyak ditemukan perkebunandengan luas lahan kecil yang dikelola oleh secara mandiri. Biasanya hasil kebunhanya dimanfaatkan untuk masyarakat itu sendiri dan tidak mementingkan kualitas ekspor.

 

 Contoh sumber daya alam di pantai adalah sebagai berikut:


1. Garam, garam diperoleh dari air laut yang mengering dan menyisakan hanya butiran-butiran kristal garam

2. Ikan, merupakan sumber protein bagi manusia

3. Tumbuhan. Tumbuhan yang tumbuh di sekitar air pantai misalnya rumput laut dapat dimanfaatkan sebagai makanan yang dapat membantu masalah pencernaan manusia. Contohnya : Kelapa , pohon nyiur, Rumput laut, Bunga Lavender, Dan Pohon Bakau

4. pasang surut air laut, yang dimanfaatkan oleh nelayan untuk bekerja mencari ikan. Selain itu, pasang surut air laut dimanfaatlan sebagai alat bantu untuk menyalakan mercusuar yang dapat membantu kapal menentukan arah.


SETELAH INI JAWABLAH PERTANYAAN BERIKUT DAN TULISKAN DI BUKU TUGAS TEMATIK  :

1. Tanah yang Baik Untuk Pertumbuhan Padi Yakni Di Dataran...........

2. Tuliskan Perbedaan Tanaman Padi dan Teh !

3.  sawi, brokoli, wortel, kol, lada Merupakan Hasil Pertanian di Daratan .............

4. Udang, Tongkol, Bandeng merupakan Hasil Sumber Daya Alam di daerah ...............

5. Kopi Cocok di tanam di Daerah ....

6. Kota Batu Penghasil Apel merupakan Dataran .....

7. Sebutkan 3 Hasil Perkebunan Yang Kamu ketahui!

8. Hasil Peternakan Susu Sapi terdapat di dataran ............

9. Buah Strawbery cocok di tanam di daerah ...........

10. Garam merupakan Hasil Sumber Daya alam di .............

Matematika : Pembagian Pecahan

assallamuallaikum wr wb Selamat pagi anak-anak pada hari ini kita akan belajar : 1. Matematika : Operasi hitung pembagian pecahan   Operasi ...