Kamis, 30 Juli 2020

TEMA 1 SUB 2 PB 3-6

ASSALLAMUALLAIKUM WR WB SELAMAT PAGI ANAK-ANAKKU KELAS 4A SDN KEBONSARI 3 MALANG.

PADA PAGI HARI INI Kamis, 30 JULI 2020 
Pada Pagi hari ini kita akan belajar


1.Pembelajaran Tematik " Tema 1 Sub tema 2 Pembelajaran 3"

2.Tematik " Tema 1 Sub tema 2 Pembelajaran 4-6 "Sbdp : Pola Lantai Tarian


Sebelumnya marilah kita simak Penjelasan berikut :


TEMA 1 SUB 2 pb 4-6
Pola Lantai 

  1. Pola Lantai Tari merupakan garis-garis di lantai yang dilalui penari ketika melakukan gerak tari dari perpindahan tempat satu ke tempat lainnya. Pola yang juga disebut garis imajiner ini sengaja dibuat oleh formasi penari kelompok.
  2. Fungsi dari pola lantai yaitu untuk menata gerakan tarian, membentuk komposisi dalam pertunjukan tarian dan menciptakan kekompakan antar anggota penari. Dengan adanya pola lantai, tarian yang disajikan akan lebih indah dan menarik untuk ditonton. 
  3. Pola lantai juga mengalami pengembangan yaitu ada beberapa pola lantai lain berupa zig zag, segitiga, segi empat dan segi lima. Pola lantai melengkung juga mengalami pengembangan yaitu lingkaran, lengkung ke depan, melengkung ke belakang dan angka delapan.

Jenis Pola Lantai dalam Tari :


1. Pola Lantai Lurus Vertikal.

Vertikal memiliki arti lurus memanjang. Pola lantai lurus vertikal berarti pola lantai yang lurus dan memanjang.


Beberapa tarian daerah yang menggunakan pola lantai ini adalah tari serimpi dari tarian Jawa Tengah, tari yospan dari Papua, tari pasambahan dari Sumatera Barat dan tari baris cengkedan dari Bali.


2. Pola Lantai Horizontal.

Pola lantai horizontal sebenarnya sama seperti pola lurus vertikal dimana pola lantai bergaris lurus. Hanya saja pada pola lantai horizontal, bentuk barisan dari kiri ke kanan maupun dari kanan ke kiri. Beberapa tarian yang menggunakan pola lantai horizontal yaitu tari indang dari Sumatera Barat dan tari saman dari Aceh.


3. Pola Lantai Diagonal.

Sesuai dengan namanya, pola lantai diagonal membentuk garis menyudut ke kanan atau ke kiri. Pola lantai ini memberikan kesan yang dinamis tetapi tetap kokoh untuk para penonton atau penikmatnya. Tarian daerah yang menggunakan pola lantai ini adalah tari sekapur sirih dari Jambi, tari gending Sriwijaya dari Sumatera Selatan dan tari pendet dari Bali.


4. Pola Garis Melengkung.

Pola garis melengkung sendiri terdiri dari tiga macam yaitu garis lingkaran, angka delapan, huruf U dan lengkung ular. Pola garis yang melengkung akan memberikan kesan yang lembut tetapi lemah. Tarian rakyat dan tarian tradisional banyak yang menggunakan pola jenis ini. Misalnya tari ma’badong Toraja dari Sulawesi Utara, tari piring dari Sumatera Barat dan tari randai dari Sumatera Barat.



Pentingnya Memahami Pola Lantai Pada Tari Tradisional :

1. Menjaga setiap penari tidak bertabrakan.

2. Membantu Penari menentukan gerakan selanjutnya.

3. Penari lebih energik.

4. Menciptakan kekompakan.

5. Ciri Khas Suatu Tarian.



Berikut Merupakan Contoh Gambaran Pola Lantai Tarian :





 




Setelah itu Tugas kalian adalah :

1. Membuat Peta Pikiran di Buku Tematik Pekerjaan Sekolah ya Pada buku paket halaman 103

2. Catatlah di buku tematikmu dari Blogger tentang Pola Lantai yang sudah Ibu Tuliskan diatas.

3. Setelah itu Kerjakan LKS tema 1 Sub 2 Pb 3 halaman 42 sampai 43 

Matematika : Pembagian Pecahan

assallamuallaikum wr wb Selamat pagi anak-anak pada hari ini kita akan belajar : 1. Matematika : Operasi hitung pembagian pecahan   Operasi ...